Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Subsidi BBM Tetap, Hatta: Tunggu Keputusan DPR

Kompas.com - 15/07/2013, 14:14 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perekonomian Hatta Rajasa masih enggan menjelaskan soal rencana pemerintah yang ingin memberlakukan subsidi harga bahan bakar minyak (BBM) secara tetap setiap liter, tahun depan.

Dengan cara ini, saat harga minyak mentah mengalami fluktuasi, naik ataupun turun, beban terhadap anggaran subsidi tak berubah.

"Soal itu masih tunggu keputusan DPR," kata Hatta saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (15/7/2013).

Dengan pemberlakuan subsidi BBM secara tetap setiap tahun ini, pemerintah tetap akan menanggung subsidi, misalnya sebesar Rp 3.500 per liter untuk bensin dan Rp 4.500 untuk solar. Bahkan subsidi diberikan meski harga BBM melonjak.

Seperti diberitakan, usulan ini diungkapkan oleh Menteri Keuangan Chatib Basri pekan lalu. Chatib mengatakan, dengan mekanisme baru subsidi tetap, pemerintah dan DPR tak perlu mengubah anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) saat harga minyak dunia dan harga minyak Indonesia (ICP) naik.

Walau memudahkan pengaturan fiskal di masa datang, realisasi mekanisme subsidi tetap tidak akan semulus yang dibayangkan. Mekanisme ini dikhawatirkan akan menambah persoalan lain karena harga BBM subsidi yang harus ditanggung masyarakat turun-naik sesuai dengan harga minyak dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com