Kompas.com - 17/07/2013, 11:25 WIB
Menteri Pertanian Suswono memberikan keterangan pers setelah menghadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (13/2/2013). KOMPAS/RIZA FATHONIMenteri Pertanian Suswono memberikan keterangan pers setelah menghadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (13/2/2013).
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com —
Kementerian Pertanian melakukan pertemuan dengan para pelaku usaha ayam dan telur terkait lonjakan harga dua komoditas tersebut di pasar.

"Alasan mereka menaikkan harga, untuk menutup kerugian. Ketika ditelusuri, mereka akhirnya mengaku sebenarnya mereka masih untung tipis. Makanya memang harus ada kode etik dalam penetapan harga. Mereka kemudian berikrar untuk menjaga stabilitas harga," ujar Menteri Pertanian Suswono di Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (16/7/2013).

Selain itu, momen Ramadhan yang didahului kenaikan harga BBM juga menjadi penyebab utama kenaikan harga kedua bahan pangan pokok tersebut menjadi tidak wajar.

Kebiasaan masyarakat dalam mengonsumsi ayam juga dapat mempengaruhi harga ayam di pasaran. Saat ini masyarakat kebanyakan lebih memilih mengonsumsi ayam segar sehingga, ketika ada sesuatu hal, harga langsung melonjak dengan cepat.

Menurut Suswono, jika masyarakat juga mau menggunakan ayam beku, maka pihaknya meyakini lonjakan harga yang terjadi tidak akan sedemikian hebat.

"Masyarakat kan inginnya ayam segar, ayam yang baru dipotong. Padahal ayam frozen juga cukup baik dan sehat untuk dikonsumsi. Kalau ini bisa dilakukan, tentu bisa ditekan kenaikan harga yang terjadi. Tapi alhamdulillah saat ini harganya sudah mulai turun," tandasnya. (Bahri Kurniawan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.