Kompas.com - 17/07/2013, 20:51 WIB
Ilustrasi: Aktivitas tambang timah yang dibuka dalam areal hutan lindung pantai Air Putih, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung.
KOMPAS/KRIS RAZIANTO MADAIlustrasi: Aktivitas tambang timah yang dibuka dalam areal hutan lindung pantai Air Putih, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung.
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun harga komoditas masih terpuruk, namun ekspor timah dari Indonesia--selaku eksportir terbesar di dunia--diperkirakan naik 33 persen dan melampaui perkiraan sebelumnya, menyusul pelonggaran aturan mengenai kualitas.

Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk Agung Nugroho sebagaimana dikutip dari Bloomberg mengatakan penjualan timah kemungkinan mencapai total 100.000 metrik ton pada tahun ini. Timah merupakan eksportir terbesar komoditas ini.

Jumlah itu mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan pernyataan Direktur Timah, SUkrisni sebulan lalu, yang memperkirakan penjualan tahun ini hanya di kisaran 75.000 ton.

Harga komoditas timah anjlok pada Mei, di tengah kekhawatiran terhadap rendahnya permintaan dari China dan pemerintah Indonesia meningkatkan standar kualitas yang baru pada 1 Juli. Akan tetapi, aturan tersebut kembali direvisi tiga hari sebelum dilaksanakan.

Dalam aturan tersebut pemerintah menaikkan kadar kemurnian timah dari semula 99,85 persen menjadi 99,9 persen. Namun, ketentuan aturan baru itu direvisi kembali.

“Saya tidak melihat hal itu akan berdampak signifikan," ujar analis ITRI Ltd yang berbasis di Inggris, Peter Kettle.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Bloomberg
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.