Kompas.com - 18/07/2013, 08:03 WIB
Emas shutterstockEmas
EditorErlangga Djumena

CHICAGO, KOMPAS.com — Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun pada perdagangan Rabu (17/7/2013) waktu setempat (Kamis pagi WIB) seiring menguatnya dollar AS.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus melorot 12,9 dollar AS atau satu persen, menjadi di 1.277,5 dollar AS per ounce.

Dollar AS menguat terhadap sebagian besar mata uang utama lainnya pada Rabu, dan indeks dollar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, naik menjadi 82,715 pada Rabu dari 82,599 pada akhir Selasa.

Namun, pernyataan Ketua Federal Reserve AS, Ben Bernanke, kepada kongres membatasi kejatuhan harga emas lebih lanjut.

Bernanke mengatakan, pembelian aset bergantung pada perkembangan ekonomi dan keuangan, tidak berarti pada arah yang telah ditetapkan. Hal ini mengindikasikan bahwa Fed akan lambat dalam mengurangi pelonggaran kuantitatifnya.

Data ekonomi yang dirilis Rabu juga positif untuk emas. Departemen Perdagangan AS melaporkan bahwa perumahan baru turun 9,9 persen pada Juni ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 836.000, tingkat terendah sejak Agustus 2012.

Analis memperkirakan, jika harga emas tidak dapat menembus batas psikologis 1.300 dollar AS dalam waktu dekat, emas mungkin bisa jatuh ke kisaran 1.248 dollar AS atau 1.220 dollar AS per ounce.

Sementara itu, perak untuk pengiriman September turun 51,5 sen atau 2,58 persen, ditutup pada 19,42 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober turun 14,1 dollar AS atau 0,99 persen, menjadi 1.411 dollar AS per ounce.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.