Kalah oleh Warga Inggris, Sengketa Cap Kaki Tiga Dibawa ke MA

Kompas.com - 22/07/2013, 08:09 WIB
Ilustrasi:  Logo Cap Kaki Tiga dan lambang Negara Isle Of Man DokumentasiIlustrasi: Logo Cap Kaki Tiga dan lambang Negara Isle Of Man
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak terima dengan putusan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat yang membatalkan pendaftaran 49 merek Cap Kaki Tiga miliknya, Wen Ken Drug (Pte) Ltd membawa sengketa ini ke Mahkamah Agung (MA) dengan mengajukan upaya hukum kasasi.

Yosef B. Badoeda, kuasa hukum Wen Ken menilai, majelis hakim salah dalam menerapkan pertimbangan hukumannya. Terutama perihal kualitas penggugat ataupun penilaian persamaan antara logo Cap Kaki Tiga dengan lambang Negara Isle Of Man. "Russel Vince selaku penggugat tak punya wewenang untuk melayangkan gugatan," katanya, Minggu (21/7/2013).

Pasalnya, tidak adanya surat kuasa dari Negara Inggris atau Isle of Man yang dijadikan dasar untuk menggugat. Selain itu, pihaknya meyakini bahwa merek dan logo Cap Kaki Tiga tidak ada sangkut pautnya dengan lambang Isle Of Man.

Wen Ken menegaskan merek dan logo Cap Kaki Tiga sudah ada sejak tahun 1937 dan didaftarkan di Singapura tahun tahun 1940. Pada saat itu, Isle of Man belum dikenal. "Tidak ada niatan untuk meniru," papar Yisef.

Untuk itu, lewat kuasa hukumnya, Wen Ken meminta MA membatalkan putusan pengadilan tersebut.

Previany Annisa Rellina kuasa hukum Russle Vince mengaku sudah menanggapi kasasi Wen Ken. " Kami sudah memberikan kontra memori kasasinya yang intinya menolak seluruh dalil-dalil mereka," ujarnya singkat.

Sebelumnya, Russel Vince warga Inggris menggugat merek dan logo Cap Kaki Tiga. Dirinya menilai Wen Ken tidak berhak mendaftarkan merek dan logo Cap Kaki Tiga karena memiliki persamaan dengan lambang negara Isle Of Man. Sebuah negara yang terletak diantara Inggris, Skotlandia, dan Irlandia Utara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengadilan pun akhirnya mengabulkan gugatannya dan membatalkan 49 merek Cap Kaki Tiga milik Wen Ken. (Wuwun Nafsiah)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.