Melonjak 43 Dollar, Emas Akhirnya Tembus 1.300 Dollar Lagi

Kompas.com - 23/07/2013, 08:11 WIB
|
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com — Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange ditutup lebih tinggi pada Senin (22/7/2013) waktu setempat (Selasa pagi WIB), penutupan pertama di atas 1.300 dollar AS per ounce dalam hampir lima minggu.

Kenaikan harga emas didukung harapan permintaan lebih besar dari China dan penurunan dollar.
     
Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus naik 43,1 dollar AS, atau 3,33 persen, menjadi menetap di 1.336,0 dollar AS per ounce. Penutupan tersebut tertinggi untuk kontrak teraktif sejak 19 Juni tahun ini, menurut data FactSet.

Sementara itu, MaketWatch mengatakan logam mencetak kenaikan persentase dan dollar satu hari terbesar sejak 29 Juni 2012. Analis pasar mengatakan, dollar AS turun terhadap mata uang utama lainnya, mendorong indeks dollar ICE lebih rendah, yang baik untuk komoditas berdenominasi dollar seperti emas.

Selain itu, keputusan China untuk melepas kontrol pada suku bunga pinjaman dan membiarkan lembaga keuangan menetapkan suku bunganya sendiri, juga dianggap mendukung untuk membeli emas.

Indeks ICE jatuh ke titik terendah dari 82,047, tingkat terendah dalam lebih dari empat minggu.

Emas juga naik karena spekulasi bahwa Federal Reserve AS akan mempertahankan stimulus ekonominya, meningkatkan daya tarik emas sebagai penyimpan nilai, menurut beberapa analis.
     
Statistik dari Asosiasi Nasional Makelar Rumah (NAR) AS yang dirilis Senin menunjukkan penjualan "existing home" (rumah yang sebelumnya telah dimiliki atau rumah yang sudah dibangun sebelumnya selama satu bulan atau dikenal juga dengan home resales) di AS turun 1,2 persen pada Juni dalam basis penyesuaian musiman ke tingkat tahunan sebesar 5,08 juta, dibandingkan dengan estimasi pasar 5,28 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.