Kompas.com - 24/07/2013, 10:12 WIB
|
EditorErlangga Djumena

PANGKALAN KERINCI, KOMPAS.com - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) rata-rata mengalokasikan dana untuk kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) sebesar Rp 9 miliar per tahun.

Head of CSR RAPP Amru Mahalli menjelaskan, dana tersebut dialokasikan untuk pendampingan sekitar 3.300 petani yang ada di wilayah kerja perusahaan. "Selain itu, kami juga melakukan pendampingan kepada pelaku usaha kecil dan menengah yang selama ini menjadi mitra perusahaan," ujarnya Selasa (23/7/2013) sore.

Sementara itu, Head of Corporate Communication RAPP Djarot Handoko menjelaskan khusus untuk pendampingan mitra perusahaan, pihaknya memfasilitasi pelaku usaha untuk bisa mendapatkan fasilitas pendanaan dari bank.

Hal itu lantaran mitra usaha RAPP membutuhkan modal untuk usaha, seperti halnya untuk pembelian kendaraan angkutan, alat berat, dan sebagainya.

Salah satu mitra usaha RAPP, M. Thamrin (33) mengaku pendapatan usahanya dari kemitraan bisnis ini mencapai Rp 3 miliar per bulan dan keuntungan bersih sekitar Rp 500 juta per bulan.

Dia mendapatkan kontrak pekerjaan di RAPP antara lain pembersihan kanal, membersihkan rumput, hingga pemanenan kayu di hutan tanaman industri (HTI) milik RAPP. "Saat ini jumlah tenaga kerja yang saya miliki mencapai 300 orang, dan untuk alat berat saya memiliki 6 unit," terangnya.

Untuk pembinaan kepada petani, salah satu program RAPP adalah mengembangkan tanaman organik. Selain itu juga ada pembibitan ternak sapi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.