Kompas.com - 26/07/2013, 14:18 WIB
KOMPAS/HERU SRI KUMORO
|
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perekonomian Hatta Rajasa menganggap nilai tukar rupiah saat ini sudah sesuai dengan kondisi fundamentalnya. Sehingga pemerintah akan membiarkan fluktuasinya sesuai keinginan pasar.

"Depresiasi nilai tukar tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di regional dan global. Artinya, biarkan dia mencerminkan fundamentalnya, bergerak secara real price," kata Hatta selepas rapat koordinasi tentang Kawasan Ekonomi Khusus di kantonya, Jakarta, Jumat (26/7/2013).

Hatta menambahkan, dengan terdepresiasinya nilai tukar rupiah hingga saat ini berarti pasar nyaman dengan kondisi tersebut. Apalagi pihak eksportir juga sudah melepas dollar AS yang dipegangnya, sehingga akan menambah likuiditas dollar AS di pasar.

Dengan penguatan dollar AS ini, pemerintah juga sudah meminta ke Kementerian BUMN untuk melakukan pembelian kembali (buyback) dollar AS di pasar untuk mencukupi kebutuhan dollar AS dalam bisnisnya.

"Itu sudah menjadi aturan bagi BUMN di pasar keuangan. Dan biasanya juga untuk agenda-agenda pembangunan infrastruktur mereka, khususnya yang memakai dollar AS," tambahnya.

Akhir pekan ini, nilai tukar rupiah kembali melemah di level Rp 10.265 per dollar AS, melemah dibanding posisi kemarin di level Rp 10.263 per dollar AS. Dibanding awal pekan ini, nilai tukar rupiah masih di level Rp 10.068 per dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.