Dituding Terlibat Kartel, Gita Mengaku Namanya Tercemar

Kompas.com - 27/07/2013, 12:41 WIB
Menteri Perdagangan Gita Wirjawan KOMPAS.com/Sandro GatraMenteri Perdagangan Gita Wirjawan
|
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengaku namanya tercemar akibat tudingan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) bahwa dirinya terlibat kasus kartel bawang putih periode Januari-Maret 2013.

"Sangat tercemar (nama saya), karena ini sudah menyebar di Twitter, di media bapak ibu sekalian tanpa bukti. Kita kan punya hak untuk klarifikasi, tapi ini diberitakan dulu baru klarifikasi secara publik," kata Gita selepas buka bersama di kantornya, Jumat (26/7/2013).

Gita mengklaim semua proses Surat Persetujuan Impor (SPI) telah memenuhi prosedur, apalagi proses pemberian Izin Importir (IT). Menurut Gita, perpanjangan izin ke 19 importir tersebut juga telah memenuhi prosedur karena masih sesuai waktu pengirimannya.

Dalam hal ini, perpanjangan impor tersebut masih sesuai batas yang diberikan pemerintah yaitu pada periode hingga Maret 2013. Namun dalam hal ini, KPPU menuding ada permainan memberikan persetujuan ke importir untuk impor bawang putih lagi.

"Jadi saya sudah cek, ini belum melewati kadaluarsa. Kita siap mempertahankan argumentasi, apapun yang ditudingkan KPPU," tambahnya.

Di sisi lain, Gita juga sudah melakukan somasi ke KPPU termasuk melakukan somasi ke investigator Penuntut KPPU, Muhammad Nur Rofik yang telah berani menuding Kementerian Perdagangan dan namanya untuk terlibat dalam kartel bawang putih ini.

"Ini kita balik lagi ke prosedur. Majelis ketua KPPU belum ketemu kita. Mereka sudah ambil keputusan, mengatasnamakan saya lagi. Saya rasa kalau bisa KPPU harus lebih bijaksana ke depan," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.