Kompas.com - 30/07/2013, 11:31 WIB
Ilustrasi: Pantauan udara kepadatan arus mudik di ruas Tol Purbaleunyi di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (8/9/2010) pukul 11.23 WIB oleh tim Air Rescue PT Jasamarga dan Palang Merah Indonesia dengan helikopter jenis Bolco.   KOMPAS/RIZA FATHONIIlustrasi: Pantauan udara kepadatan arus mudik di ruas Tol Purbaleunyi di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (8/9/2010) pukul 11.23 WIB oleh tim Air Rescue PT Jasamarga dan Palang Merah Indonesia dengan helikopter jenis Bolco.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut arus mudik Lebaran ini,  PT Jasa Raharja membuat pos terpadu dan pos kesehatan. Hal ini sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada para pemudik.

Jasa Raharja akan menempatkan 168 pos kesehatan di titik-titik keberangkatan dan tujuan, seperti terminal bus, stasiun kereta api, pelabuha dan juga di jalur mudik. Jasa Raharja juga akan mengoperasikan mobil unit keselamatan lalulintas sebanyak 28 unit. Mobil ini juga dipakai sebagai mobil pelayanan kesehatan keliling.

"Kita mengikutsertakan petugas Jasa Raharja di posko tingkat nasional angkutan lebaran terpadu Kementerian Perhubungan. Ini karena jumlah personil kita sedikit, jadi kita bergabung dengan mitra," kata Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Setyarso di Gedung Jasa Raharja, Jakarta, Selasa (30/7/2013).

Jasa Raharja juga memberikan sarana pencegahan kecelakaan lalu lintas, berupa bilboard tentang himbauan keselamatan berlalu lintas yang disebar di 3.000 titik. Selain itu Perusahaan BUMN ini juga akan memasang 500 banner, 1.500 buah traffic cone, 1.000 buah barikade jalan dan 200 unit rambu darat, kereta api dan air.

Jasa Raharja juga bekerjasama dengan kepolisian dan Kemenhub akan membagikan peta mudik kepada masyarakat. Selain itu juga akan membagikan 10.000 buah rompi scotlight dan 1.000 buah jas hujan, yang akan dibagikan di jalur mudik.

"Untuk mencegah fatalitas keelakaan, kita juga memberikan satu unit ambulans kepada 14 rumah sakit dan satu unit kepada Kemenhub Ditjen KA," ujar Budi.

Sebelumnya Jasa Raharja mengadakan mudik gratis, hal ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan untuk motor khususnya saat mudik. Telah disediakan 250 bus dengan 44 kota tujuan. Bus ini akan berangkat pada tanggal 1 Agustus 2013 di Lapangan parkir timur Senayan. Dan tanggal 2 Agustus yang akan berangkat dari Surabaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para peserta mudik gratis tersebut diberikan tambahan asuransi yang juga merupakan program asuransi kecelakaan diri dari PT Jasaraharja Putera.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.