Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Incar Lelang Mobil

Kompas.com - 30/07/2013, 15:58 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Lelang mobil menjadi salah satu cara bagi para pemudik menjelang Lebaran untuk mendapatkan sarana transportasi memadai. Makanya, pada saat Ramadhan seperti ini, lelang mobil kebanjiran peminat. "Iya memang. Dalam minggu ini, peserta lelang lebih banyak,"kata Biem Hadiedy dari JBA Indonesia pada Minggu (28/7/2013) lalu.

Biem yang kala itu bersama dengan  Presiden Direktur JBA Indonesia Shioyama Kazuhiro di
sela-sela buka puasa bersama pemain biola profesional Cecillia Young beserta sekitar 200 anak jalanan dan yatim piatu menjelaskan, dua minggu silam, pihaknya berhasil melepas 300 unit mobil dalam lelang yang dihelat di Jakarta dan Pekanbaru. "Kebanyakan yang diminati adalah mobil penumpang untuk keluarga,"imbuh Biem.

Kendati mobil yang dilelang adalah mobil-mobil bekas pakai yang pembiayaannya tak lancar, pihak JBA Indonesia, aku Biem, bersikap transparan. Artinya, di tiap mobil disiapkan catatan soal kondisi fisik dan mesin, kelengkapan surat-surat, serta harga dasar lelang.

Seturut pengalaman, terang Biem lagi, kelas mobil penumpang untuk keluarga biasanya berada di kisaran Rp 110 juta per unit saat beralih kepemilikan dalam lelang. "Itu harga yang sudah terbentuk,"tutur Biem.

Sementara itu, JBA yang merupakan singkatan dari Japan Baik Auction juga memunyai program lelang sepeda motor. Pada program ini, secara reguler, peminatnya memang jauh lebih banyak ketimbang mobil. Menurut Biem, dalam waktu satu minggu, sepeda motor yang dilelang bisa mencapai rerata 300 unit. Harga banderol dasar lelang sepeda motor ada di kisaran Rp 6,5 juta per unit.

Pada bagian selanjutnya, Shioyama Kazuhiro menjelaskan JBA Indonesia yang mengusung motto "Bukan Lelang Biasa"masuk ke Indonesia sebagai investasi asing pada April 2011. Hingga kini, JBA Indonesia memiliki tiga lokasi lelang di kawasan Meruya Jakarta Barat, Bekasi, dan Pekan Baru. Menurut rencana, JBA Indonesia juga akan memperluas wilayahnya dengan membuka tempat lelang seperti di Surabaya.

Selain JBA Indonesia, para pendukung kegiatan buka puasa bersama  pemain biola profesional Cecillia Young beserta sekitar 200 anak jalanan dan yatim piatu adalah Sido Muncul, Acnor, Lottemart, dan Teras Jakarta. Hadir pula mantan Sekda Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Fadjar Panjaitan yang menjadi bapak asuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com