Kompas.com - 31/07/2013, 18:46 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memilih untuk mengganti Direktur Utama Merpati Nusantara Airline Rudi Setyopurnomo. Padahal sebelumnya Dahlan memilih untuk menyerahkan mekanisme restrukturisasi ke PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA).

Namun ternyata, penggantian Direktur Utama Merpati ini bukan sepenuhnya perintah Dahlan, melainkan juga atas usulan PPA.

"PPA mengeluh tapi tidak sepenuhnya. Saya tidak mau lagi dibilang kayak begitu, termasuk menyerahkan sepenuhnya Merpati ke PAA. Dia (PPA) minta diganti (Dirutnya), ya diganti," kata Dahlan saat ditemui di kantornya di Jakarta, Rabu (31/7/2013).

Dahlan menganggap bahwa penggantian Rudy Setyopurnomo merupakan kewenangan PPA selaku pemegang restrukturisasi perusahaan-perusahaan yang kondisi keuangannya sedang sakit.

Dalam melakukan tindakan apa pun, PPA tentu saja harus sepengetahuan dari Dahlan Iskan. Untuk kewenangan selanjutnya, termasuk mengurus kelengkapan direksi, Dahlan mengatakan bahwa hal tersebut tetap merupakan kewenangan dari PPA.

"Bahwa terjadi diskusi antara PPA dengan Deputi Kementerian BUMN (yang membawahi Merpati), ya itu terserah dia," tambahnya.

Terkait uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test), Dahlan pun masih enggan menjelaskan. Terlebih lagi, penggantian pucuk pimpinan Merpati ini terkesan mendadak. "Ini kondisinya darurat. Jadi tidak perlu fit and proper lagi," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.