Kompas.com - 01/08/2013, 17:50 WIB
Ilustrasi SPBU TRIBUNNEWS/HERUDINIlustrasi SPBU
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com – Inflasi Juli 2013 mencapai 3,29 persen. Mengacu data Badan Pusat Statistik, lima besar penyumbang inflasi meliputi bahan bakar minyak, tarif angkutan dalam kota, bawang merah, daging ayam ras, dan ikan segar.     

Harga BBM bersubsidi dan BBM nonsubisi pada Juli naik 25,27 persen dibanding Juni. Sumbangannya terhadap inflasi Juli adalah 0,77 persen. Tarif angkutan dalam kota naik 21,05 persen sehingga menyumbang 0,54 persen terhadap inflasi. Kenaikan tarif terjadi di 66 kota tersurvei. Tertinggi terjadi di Kupang dan Serang, masing-masing 42 persen.  Sementara Sorong 37 persen.

Harga bawang merah per Juli naik 62,28 persen dibanding Juni sehingga menyumbang 0,48 persen terhadap inflasi. Kenaikan terjadi di 66 kota tersurvei. Tertinggi adalah di Bima yang mencapai 140 persen dan Tangerang sebesar 114 persen. Sebagian besar kota tersurvei lainnya mengalami kenaikan tarif di kisaran 17-102 persen.

Harga daging ayam ras naik 15,59 persen dibanding Juni sehingga menyumbang 0,22 persen terhadap inflasi. Kenaikan terjadi di 62 dari 66 kota tersurvei. Tertinggi adalah Pare-Pare sebesar 30 persen dan Kediri sebesar 26 persen. Sebagian besar kota lainnya di kisaran 10-25 persen.

Sementara harga ikan segar naik 4 persen sehingga menyumbang 0,11 persen terhadap inflasi. Anomali cuaca mengakibatkan hasil tangkapan laut berkurang sehingga harga naik.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.