Inflasi Tinggi Juli 2013 karena Inflasi Pangan Melejit 3 Kali Lipat, Inflasi karena BBM Sudah Capai Puncak

Kompas.com - 02/08/2013, 02:43 WIB
Gedung Bank Indonesia KOMPAS/WISNU WIDIANTOROGedung Bank Indonesia
|
EditorPalupi Annisa Auliani

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Pusat Statistik (BPS), Kamis (1/8/2013), mengumumkan inflasi bulanan pada Juli 2013 mencapai 3,29 persen, melebihi perkiraan Bank Indonesia yang sebelumnya memperkirakan inflasi bulan ini di kisaran 2,87 persen. Berikut adalah analisis Bank Indonesia mengenai angka inflasi dari indeks harga konsumen (IHK) yang sebelumnya dipublikasikan BPS tersebut.

"Inflasi bulanan volatile food meningkat hampir tiga kali lipat dari perkiraan," ujar Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Peter Jacobs, melalui siaran pers, Kamis (1/8/2013). Dia menyebutkan, selama Juli 2013, inflasi bulanan dari bahan makanan tercatat mencapai 6,07 persen, atau 16,12 persen dibandingkan periode yang sama pada 2012.

"Sementara inflasi karena dampak kenaikan harga BBM telah mencapai puncaknya pada Juli 2013," imbuh Peter. Pada bulan tersebut, sebut dia, kenaikan harga BBM menyumbang hampir separuh realisasi inflasi IHK. Inflasi terkait kenaikan harga BBM sudah mencakup dampak kenaikan tarif angkutan umum.

Peter menambahkan, inflasi bulanan pada Juli 2013 dari harga barang yang ditetapkan pemerintah (adminestered prices) mencapai 6,07 persen. Sementara inflasi tahunan dari unsur ini mencapai 16,12 persen.

Namun, tambah Peter, inflasi inti masih relatif terjaga sekalipun tak dipungkiri ada peningkatan. Pada Juli 2013, inflasi inti bulanan tercatat 0,99 persen dan inflasi inti tahunan pada level 4,44 persen. Inflasi inti relatif terjaga, ujar dia, karena didukung penurunan harga komoditas global dan terkendalinya permintaan.

Inflasi inti adalah inflasi IHK setelah perhitungannya mengeluarkan angka inflasi dari volatile food yang fluktuatif dan adminestered price. Kategori adminestered price mencakup tarif listrik dan harga BBM. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.