Kompas.com - 02/08/2013, 08:14 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Pergerakan nilai tukar rupiah pada perdagangan Jumat (2/8/2013) ini diperkirakan tetap di zona merah seiring rilis kenaikan inflasi dan masih defisitnya neraca perdagangan Indonesia.

Pergerakan mata uang di kawasan Asia juga memengaruhi gerak rupiah di akhir pekan ini. Pada perdagangan Kamis (1/8/2013), rupiah melemah, ditutup di Rp 10.271 per dollar AS (kurs tengah Bloomberg) di tengah angka inflasi Juli yang melesat di atas ekspektasi.

Pelemahan juga terjadi pada sebagian besar mata uang Asia. Badan Pusat Statistik melaporkan inflasi Juli mencapai 3,29 persen, lebih tinggi dari inflasi Juni yang hanya 1,03 persen.

Dilihat dari awal tahun inflasi kalender 6,75 persen dan secara tahunan 8,61 persen yang disumbang bahan makanan dan transportasi. Dari sisi eksternal, riset Trust Securities melihat rupiah juga terimbas pelemahan mata uang euro jelang pertemuan ECB yang mensinyalkan akan tetap menahan suku bunga rendahnya.

Begitu pun dengan dengan pelemahan yen setelah beredar kabar investor menambah kepemilikannya di obligasi luar negeri (overseas bond).

Ekonom Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih, menyatakan, kendati inflasi Juli melesat, tetapi bersifat temporer dan sudah terantisipasi oleh BI dengan kenaikan BI rate 50 bps pada Juli lalu, sehingga kemungkinan BI rate masih bisa bertahan di 6,5 persen pada Rapat Dewan Gubernur BI, 15 Agustus mendatang.

Pasar Asia kemungkinan masih akan naik pada perdagangan hari ini mengikuti sentimen positif pasar global semalam karena membaiknya sektor manufaktur di AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sedangkan untuk rupiah masih bergerak di kisaran antara Rp 10.270-10.300 per dollar AS," kata Lana.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.