Kompas.com - 02/08/2013, 19:24 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) dan pemerintah telah menggodok program redenominasi rupiah. Rencananya, pemotongan nominal tanpa mengurangi nilai uang tersebut akan mulai berjalan pada 2014. Namun ternyata, proses redenominasi ini sepertinya akan mundur dari rencana.

"Penerapannya bisa mundur dari 2014," aku Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo, Jumat, (2/8/2013).

Tadinya, BI dan pemerintah telah membagi tahap redenominasi dalam 3 bagian. Pertama yakni tahap persiapan yang berjalan tahun ini. Kedua, tahap transisi yang mulai 2014 hingga 2016. Ketiga, tahap penyelesaian yang akan berlangsung di tahun 2017 sampai 2020.

Namun hingga saat ini, Rancangan Undang-Undang (RUU) Redenominasi Mata Uang belum juga tuntas. Padahal, DPR telah menerima draft RUU tersebut dari pemerintah. Agus bilang bahwa pihaknya perlu melakukan diskusi lebih lanjut dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan pemerintah.

Jika UU Redenominasi telah selesai, Agus meyakinkan bahwa konsultasi publik dan sosialisasi harus terlaksana dengan baik. Adapun, ia menganggap proses redominasi ini membutuhkan masa transisi selama 6 tahun. "Itu adalah waktu yang diperlukan supaya ini bisa berjalan dengan baik," tutur Agus. (Annisa Aninditya Wibawa)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.