Kompas.com - 07/08/2013, 12:01 WIB
Gedung BNI KONTAN/ Daniel PrabowoGedung BNI
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) siap memberi dukungan pendanaan kepada PT Dirgantara Indonesia, jika BUMN produsen pesawat itu mendapatkan order.

Direktur Utama BNI Gatot M. Suwondo menjelaskan, pembiayaan BNI kepada PTDI diberikan apabila perusahaan tersebut telah mendapatkan proyek. "Kalau ada pembeli pesawat, (PTDI) akan kami biayai," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (6/7/2013).

Menurutnya, jumlah pembiayaan yang diberikan tergantung pada order yang diperoleh PTDI. Semakin besar nilai pesanan, semakin banyak pula fasilitas yang akan diberikan BNI kepada produsen pesawat itu.

Hal itu diungkapkan Gatot saat ditanya mengenai kemungkinan perseroan membiayai bisnis sektor aviasi yang belakangan ini booming di Indonesia. Selain itu, PTDI juga mulai gencar memasarkan produknya ke berbagai negara.

Sebagaimana diketahui, PTDI saat ini sedang menawarkan produknya ke negara-negara Timur Tengah. Bahkan, Menteri BUMN Dahlan Iskan telah mendapatkan komitmen dari Islamic Development Bank (IDB) untuk menyediakan fasilitas kredit ekspor.

Penjualan pesawat terbang milik PTDI akan lancar jika bisa menggunakan kredit ekspor, terutama dari IDB. Hal ini karena negara pembeli biasanya menginginkan membeli pesawat sekaligus pembiayaannya. Selama 3 tahun ke depan, IDB telah menyediakan fasilitas pendanaan hingga sekitar Rp 30 triliun.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.