Gaji PNS, TNI, dan Polri Naik, Anggaran Pegawai Bengkak 18,8 Persen

Kompas.com - 16/08/2013, 17:04 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp 276,7 triliun untuk membayar gaji pegawai. Jumlah itu meningkat 18,8 persen dari yang dialokasikan tahun ini.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidatonya hari ini menjelaskan, pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan aparatur negara, baik PNS maupun TNI dan Polri, serta para pensiunannya.

"Pemerintah Insya Allah, akan mempertahankan pemberian gaji dan pensiun bulan ke-13, yang kita bayarkan pada pertengahan tahun anggaran," jelasnya, Jumat (16/8/2013).

Dia menyebutkan, besaran kenaikan gaji PNS, TNI, dan Polri mencapai 6 persen dan pensiunan sebesar 4 persen. Kebijakan tersebut untuk mengantisipasi laju inflasi. Kenaikan itu sekaligus juga dalam rangka reformasi birokrasi.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga menyebutkan bahwa pemerintah memberikan bantuan iuran kepada fakir miskin dan masyarakat tidak mampu terkait dengan jaminan sosial.

"Dengan ditingkatkannya iuran menjadi Rp 19.225 per orang, per bulan, kita harapkan penyedia pelayanan kesehatan swasta makin aktif untuk ikut serta dalam penyediaan layanan kesehatan ini," jelas Presiden.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.