Kompas.com - 19/08/2013, 08:41 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum ada tanda-tanda positif yang menguatkan langkah mata uang rupiah, termasuk di awal pekan ini, Senin (19/8/2013).

Kinerja neraca pembayaran Indonesia yang masih defisit memperburuk langkah rupiah di tengah maraknya sentimen negatif dari eksternal.

Nilai tukar rupiah melanjutkan pelemahan, ditutup di Rp.10.430 per dollar AS (kurs tengah Bloomberg) pada penutupan perdagangan pekan lalu. Pelemahan juga terjadi pada sebagian besar mata uang Asia lainnya termasuk yen. Begitupun indeks saham di bursa Asia turun termasuk di BEI ditutup melemah menjadi 4.568,65 (2,49 persen).

Bursa global ditutup variatif. Bursa Eropa ditutup naik, tetapi Dow indeks turun menjadi 15.081,5 (0,2 persen). Sedangkan yield obligasi pemerintah AS (Treasury Bond – TB) 10 tahun naik menjadi 2,825 persen.

Awan negatif belum beranjak dari rupiah seiring masih kuatnya nilai tukar dollar AS. Rilis klaim pengangguran yang lebih baik dari estimasi dan stabilnya angka inflasi AS memunculkan ekspektasi bahwa The Fed akan benar-benar mulai mengurangi stimulusnya pada bulan depan.

Secara internal, menurut riset Trust Securities, yield obligasi pemerintah tenor 10 tahun yang melonjak membuat rupiah kian terpuruk. Diperkirakan rupiah akan berada pada rentang harian Rp 10.385-10.440 per dollar AS.

Sementara menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, hari ini kemungkinan pasar Asia akan variatif terlihat dari indeks futurenya. Sedangkan rupiah berpotensi melemah menuju kisaran Rp.10.400-10.450 per dollar AS merespon neraca pembayaran yang masih defisit dan defisit transaksi berjalan yang membesar. Neraca pembayaran masih mencatat defisit 2,5 miliar dollar AS.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.