Kompas.com - 19/08/2013, 11:34 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com -
Rupiah kembali melemah hari ini (19/8/2013). Pada pukul 10.53 WIB, rupiah melemah menjadi 10.575 per dolar Amerika Serikat (USD). Kondisi rupiah di pasar spot tersebut sudah melemah 1,4 persen jika dibandingkan posisi akhir pekan lalu di posisi Rp 10.430 per dolar AS.

Dalam catatan KONTAN, rupiah pagi ini mendekati level rupiah tertinggi dalam lima tahun terakhir yang tercatat pada 28 November 2008 di level Rp 12.360 per dollar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia akhir pekan lalu di patok pada posisi Rp 10.392 per dolar AS atau melemah 0,7 persen dari kurs tengah sehari sebelumnya di posisi 10.318 per dolar AS. Pelemahan rupiah terjadi setelah Bank Indonesia (BI) mempertahankan tingkat suku bunga acuan atau BI rate sebesar 6,5 persen.

Sementara itu, dalam Anggaran Belanja dan Pendapatan Negara (APBN) 2014 yang disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhir pekan lalu, pemerintah mematok nilai tukar rupiah di posisi Rp 9.750 per dollar AS. (Asnil Bambani Amri)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.