Kompas.com - 19/08/2013, 14:09 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) merangkap Menteri Keuangan RI M Chatib Basri menyatakan aktivitas belanja masyarakat akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kami (BKPM) sedang akan berusaha menjaga daya beli masyarakat atau keep buying strategy. Biasanya hemat pangkal kaya, tapi kali ini saya bilang belanja pangkal kaya," kata Chatib dalam sambutannya di halal bihalal BKPM di Jakarta, Senin (19/8/2013).

Langkah keep buying strategy atau pendorongan aktivitas belanja masyarakat tersebut menurut Chatib adalah program jangka pendek yang dilakukan pemerintah untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 6,4 persen di tahun 2014 mendatang.

"Kalau menabung ekonomi malah kolaps. Jadi, dukung semangat belanja masyarakat supaya mendorong ekonomi kita," tegas Chatib.

Aktivitas belanja masyarakat yang tinggi dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi nasional di tengah melambatnya perekonomian dunia. Keep buying strategy merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah.

Chatib mengatakan, saat ini porsi konsumsi Indonesia mencapai 5,5 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.