Rupiah Tembus Level 10.500, Menkeu: Masih Aman

Kompas.com - 19/08/2013, 16:20 WIB
Menteri Keuangan Chatib Basri. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESMenteri Keuangan Chatib Basri.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan (Menkeu) RI M Chatib Basri menegaskan, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS masih berada pada level aman. Ia menyatakan, kondisi rupiah masih lebih baik dibandingkan mata uang negara-negara lain. Hari ini nilai tukar rupiah sudah menembus level Rp 10.500 per dollar AS.

"Kalau (rupiah) melemah tajam, bandingkan dengan negara lain. Pelemahannya ternyata lebih rendah," kata Chatib saat halalbihalal di kantor BKPM, Senin (19/8/2013).

Chatib menyebutkan, rupiah terhadap mata uang lain justru menguat, misalnya terhadap dollar AS. "Dulu, enam bulan lalu, kurs dollar Australia itu naik turun. Sekarang 1 dollar Australia Rp 9.300. Artinya, dollar Australia terhadap rupiah saja melemah," ucapnya.

Saat ditanya mengenai intervensi agar rupiah bisa perkasa terhadap dollar AS, ia  mengungkapkan, yang berwenang terhadap hal itu adalah Bank Indonesia. Baginya, yang penting adalah stabilitas nilai tukar rupiah.

"Yang saya tahu, BI tidak pernah mempertahankan level, tapi bagaimana menjaga rupiah agar tidak fluktuatif. Yang penting, stabilitas nilai tukar. Anda akan susah bisnis kalau harganya turun terus," ujar Chatib.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.