Kompas.com - 22/08/2013, 08:08 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah diperkirakan semakin tertekan bersama mata uang di kawasan Asia. Penghentian program stimulus moneter oleh otoritas keuangan di Amerika Serikat membuat posisi dollar AS terus menguat.

Nilai tukar rupiah masih terus melemah ke Rp 10.775 per dollar AS (kurs tengah Bloomberg) atau 0,48 persen pada perdagangan kemarin, juga searah dengan pelemahan mata uang Asia lainnya. Sedangkan bursa Indonesia membaik, ditutup di 4.218,45 (naik 1,04 persen) di tengah bursa Asia yang kemarin yang variatif.

Sementara itu bursa global kompak ditutup turun merespon merespon negatif notulensi the Fed yang berpeluang besar melakukan penghentian stimulus. Dow indeks turun 14.897 (0,7 persen). Sedangkan yield obligasi pemerintah AS (Treasury Bond – TB) 10 tahun naik lagi menjadi 2,894 persen (0,079).

Notulensi the Fed pertemuan 30-31 Juli lalu menunjukkan the Fed merasa ’broadly comfortable’ dengan perkembangan data-data ekonomi AS, dan berencana mulai melakukan pengurangan hingga penghentian stimulus pada tahun ini. Pasar global merespon negatif notulensi tersebut.

Pasar Asia, menurut ekonom Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih, kemungkinan kembali terkoreksi pada hari ini mengikuti pelemahan bursa global kemarin. Untuk rupiah masih mungkin melemah ke Rp 10.800-11.200 per dollar AS dengan potensi menguatnya mata uang AS itu.

Menurut riset Trust Securities, masih tingginya yield obligasi AS untuk tenor 10 tahun begitu pun dengan yield SUN yang juga meningkat turut menambah sentimen negatif di pasar. Diperkirakan rupiah akan berada pada rentang harian Rp 10.525-10.854 per dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.