Kompas.com - 22/08/2013, 09:41 WIB
Menko Perekonomian Hatta Rajasa KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHOMenko Perekonomian Hatta Rajasa
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan Indonesia siap untuk berinvestasi di Kazakhtan. Sejumlah industri akan masuk di salah satu negara Asia Tengah tersebut.

"Kazakhtan akan kita jadikan pintu masuk ke beberapa negara tetangganya, seperti Rusia. Sebab negara lain di sekitar itu akan menjadi semacam satu kawasan ekonomi yang terintegrasi. Pasarnya besar," kata Hatta di Hotel Ritz Carlton Kuningan Jakarta, Rabu (21/8/2013) malam.

Ia menambahkan, jenis industri yang akan masuk ke Kazakhtan antara lain industri ban mobil. Industri ini juga akan mencakup ekspor karet alam dan pihaknya menargetkan ekspor bisa mencapai 1 miliar dollar AS sebagai tahap awal. Industri lainnya adalah obat-obatan.

Salah satu perusahaan yang akan masuk antara lain adalah PT Indofarma Tbk (INAF). Salah satu perusahaan farmasi pelat merah ini akan memasok obat-obatan ke Kazakhtan dengan target ekspor 2 miliar dollar AS per tahun.

"Sekarang perdagangan sudah dimulai, tapi bisa manfaatkan pasar untuk Rusia juga," tambahnya.

Di sisi lain, PT Pertamina juga akan masuk sekaligus ingin mendapatkan konsesi minyak di Kazakhtan. Bagaimanapun, target produksi (lifting) minyak Indonesia sudah mulai menurun sehingga diharapkan dari konsesi ini bisa meningkatkan target lifting minyak ke depan.

Selain itu, PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) juga akan mengekspor tepung. Memang ekspor ini masih mengalami kendala, khususnya di transportasi. Sehingga pihak Kazakhtan juga membangun rel kereta sepanjang 2.000 km untuk memudahkan transfer logistik dan bisa menekan ongkos.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tidak lupa juga kita berkepentingan menempatkan minyak sawit dan biofuel. Sudah ada perusahaan kita di sana tapi baru trading, yang investasi belum. Partnernya tinggal direalisasikan," jelasnya.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.