Kompas.com - 22/08/2013, 14:30 WIB
Dahlan Iskan Kompas.com/ Slamet PriyatinDahlan Iskan
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan sudah menginstruksikan perusahaan BUMN untuk membeli kembali (buyback) saham saat kondisi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) jeblok akhir-akhir ini. Buktinya, IHSG sudah kembali rebound di perdagangan kemarin.

"Soal buyback saham, itu sudah dimulai kemarin dan mereka sebagian sudah action dan pasar sorenya sudah rebound," kata Dahlan saat ditemui di Rapat Koordinasi tentang Perkembangan Rupiah di kantor Kementerian Perekonomian Jakarta, Kamis (22/8/2013).

Ia menjelaskan, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pun sudah dilakukan dan Dahlan pun juga menyetujui aksi tersebut. Ada juga beberapa perusahaan BUMN yang akan melakukan RUPS.

Sayangnya, Dahlan enggan menjelaskan perusahaan BUMN mana saja yang sudah melakukan aksi buyback saham tersebut. Termasuk adanya isu buyback saham PT Bukit Asam Tbk (PTBA). "Banyak (yang buyback). Saya tidak mau menyebut karena sensitif," tambahnya.

Terkait kebijakan lain soal rupiah dan IHSG jeblok ini, Dahlan akan terus berkomunikasi dengan Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia (BI).

Lainnya, Dahlan juga telah menginstruksikan perusahaan BUMN untuk membeli surat utang negara (SUN) hingga Dana Pensiun yang juga turut buyback saham.

"Intinya jangan sampai ada dana pensiun yang tiba-tiba cut loss dengan cara melepas saham karena nanti ujung-ujungnya yang akan bertanggung jawab adalah pendiri. Dan pendiri itu adalah BUMN masing-masing," jelasnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.