Kompas.com - 26/08/2013, 13:30 WIB
ILUSTRASI shutterstockILUSTRASI
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Joko Suyanto mengatakan kinerja Bank Perkreditan Rakyat (BPR) masih relatif baik. Hal ini terlihat dari kinerja keuangan BPR nasional pada semester I-2013.

Hingga bulan Juni 2013, aset industri BPR secara nasional tercatat sebesar Rp 71,901 triliun year on year, atau tumbuh 19,77 persen. Sementara itu, total kredit yang disalurkan pada periode tersebut mencapai Rp 56,248 triliun atau tumbuh 20,61 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Dari sisi pertumbuhan, kita bisa simpulkan bahwa kinerja BPR baik di semester 1," kata Joko di Hotel Novotel Mangga Dua Square, Jakarta, Senin (26/8/2013) siang.

Joko mengaskan, target hingga akhir tahun ini, pertumbuhan kredit industri BPR secara nasional dapat mencapai 21 hingga 22 persen. Joko mengatakan pertumbuhan industri BPR secara nasional juga terlihat dari jumlah nasabah pada semester 1 tahun ini, yaitu sebanyak 12.843.877 rekening.

Adapun jumlah BPR secara nasional hingga bulan Juni 2013 mencapai 1.639 unit. Lebih lanjut, Joko memaparkan rata-rata tabungan per rekening sebesar Rp 1.600.000 per orang. Adapun peminjam per orang sekitar Rp 17.500.000.

"Kita lihat pertumbuhan BPR overall secara horizontal diikuti dengan pertumbuhan basis nasabah. Kita (BPR) tetap pada titah kita sebagai mitra pendamping UMKM," ungkap Joko.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.