Kompas.com - 26/08/2013, 13:54 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Rupiah masih belum bertenaga pada awal pekan ini (26/8/2013). Mengutip data Bloomberg, pada pukul 11.58 WIB, rupiah melemah 0,7 persen menjadi Rp 10.855 per dollar AS. Ini merupakan level terlemah sejak April 2009 lalu. Pelemahan rupiah di pasar spot pada pekan lalu mencapai 3,7 persen yang merupakan pelemahan mingguan terburuk sejak November 2008.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan nilai tukar rupiah di pasar non deliverable forward (NDF) untuk pengantaran satu bulan ke depan, posisi rupiah di pasar spot lebih premium 4,9 persen. Asal tahu saja, nilai tukar rupiah di pasar NDF untuk pengantaran satu bulan keok 1,3 persen menjadi 11.412 per dollar AS.

Pelemahan rupiah dipicu oleh kecemasan pelaku pasar bahwa kebijakan yang diambil Pemerintah Indonesia saat ini belum cukup untuk mengangkat kembali pamor rupiah.

Seperti yang diketahui, pada 2 Agustus lalu, Menteri Keuangan Chatib Basri menjelaskan, Indonesia akan menawarkan pemangkasan pajak bagi perusahaan berorientasi ekspor untuk mengerek penjualan luar negeri dan mengurangi defisit neraca perdagangan. Pada hari yang sama, Bank Indonesia (BI) juga mengumumkan sejumlah kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan suplai mata uang asing.

"Kebijakan-kebijakan tersebut bertujuan untuk mengatasi isu struktural dalam jangka menengah-panjang. Sementara pelaku pasar mengharapkan kebijakan cepat dalam menghadapi pelemahan rupiah," papar Eric Alexander Sugandi, ekonom Standard Chartered Plc, kepada Bloomberg.

Dia menambahkan, bukan berarti kebijakan tersebut buruk. "Hanya saja, dampak dari kebijakan itu baru akan terasa setidaknya satu bulan ke depan," imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.