Kompas.com - 26/08/2013, 16:32 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar TRIBUNNEWS/HERUDINMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan RB) Azwar Abubakar mengingatkan agar tidak menggunakan jasa calo untuk melamar menjadi calon pegawai negeri sipil (PNS). Pihaknya menjamin tidak ada kegiatan sogok menyogok dalam penerimaan PNS ini.

"Kalau ada calo PNS, sama sekali jangan dipercaya. Calo itu seperti menembak di atas kuda. Maksudnya kalau kena ya kena, tapi kalau tidak kena, ya sudah," kata Azwar saat ditemui di Gedung BPPT Jakarta, Senin (26/8/2013).

Ia menambahkan, biasanya setiap orang yang menggunakan jasa calo untuk menjadi PNS ini harus mengeluarkan dana sekitar Rp 50 juta. Jika lulus, maka uang tersebut lenyap dan berarti sogokannya berhasil. Namun jika gagal, pihak calo mengklaim akan mengembalikan dana tersebut dengan pemotongan sebagai imbal jasa.  "Itu kan dibodohin kalau seperti itu," tambahnya.

Azwar mengklaim, pihaknya membersihkan dan menjaga integritas jajaran pegawai di kementeriannya. Dengan menjaga integritas tersebut, penerimaan calon PNS di masa mendatang akan lebih bersih dan integritas PNS bisa dipertahankan.

"Anak saya juga ingin jadi PNS. Sekarang juga lagi belajar psikotes, baca bukunya. Ayahnya sendiri tidak bisa membantu untuk memasukkan jadi PNS," tambahnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.