Paket Kebijakan Ekonomi Belum "Oke" Untuk Jangka Pendek

Kompas.com - 26/08/2013, 21:12 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Komisi XI Harry Azhar Aziz menilai paket stimulus kebijakan ekonomi yang dirilis pemerintah RI belum memberikan dampak positif mengangkat nilai tukar rupiah dalam waktu dekat ini.

Harry mengatakan paket kebijakan ekonomi yang diumumkan pemerintah itu hanya bersifat jangka panjang. Namun, belum menunjukkan langkah nyata pemerintah dalam jangka pendek.

"Paket kebijakan sekarang untuk jangka panjang oke, tapi untuk jangka pendek belum oke, makanya kami minta pendapat pemerintah malam ini apa yang sebaiknya dilakukan," kata Harry di Gedung DPR, Jakarta, Senin (26/8/2013).

Menurut Harry, paket kebijakan ekonomi pemerintah tersebut harus dilengkapi dengan paket stimulus kebijakan lanjutan, sehingga perekonomian tetap stabil meski rupiah terus mengalami pelemahan.

Lebih lanjut, Harry mengatakan dalam jangka pendek pemerintah sebaiknya berupaya mengatur supply dan demand terhadap dollar AS.

Supply, misalnya, dapat ditentukan oleh nilai tukar valas dan FDI atau penanaman modal asing. Sementara demand ditentukan dari impor dan pembayaran utang. Menurut Harry, pemerintah seharusnya dapat menyelaraskan suplai dan permintaan dengan sebaik-baiknya.

Tujuannya adalah agar implementasi paket kebijakan ekonomi yang telah diumumkan dapat berjalan dengan baik.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.