Ketegangan Suriah Angkat Harga Emas Dunia Tembus 1.400 Dollar AS

Kompas.com - 28/08/2013, 07:52 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena


CHICAGO, KOMPAS.com —
Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange pada Selasa (27/8/2013) waktu setempat (Rabu pagi WIB) naik ke tingkat tertinggi sejak 14 Mei 2013 karena meningkatnya ketegangan di Suriah.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember naik 27,1 dollar AS, atau 1,95 persen, menjadi menetap di 1.420,2 dollar AS per ounce.

Kemungkinan serangan militer pimpinan AS terhadap Suriah, para investor keluar dari saham dan membanjiri "safe haven" emas. Saham AS merosot pada Selasa, mengikuti sebagian besar pasar saham Asia dan pasar saham di Eropa.

Penundaan pagu atau plafon utang dan perdebatan yang akan terjadi di Kongres AS adalah faktor lain yang meningkatkan harga emas.

Data ekonomi yang dirilis pada Selasa bervariasi. Lembaga riset Conference Board melaporkan, indeks keyakinan konsumen AS di 81,5 pada Agustus, sedikit lebih tinggi dari angka yang tercatat untuk Juli, harga rumah AS meningkat 2,2 persen pada Juni, pertumbuhan lain yang kuat tetapi lebih lambat dari Mei, menurut pengukur S&P Case-Shiller.

Analis menyebutkan, secara teknis, emas telah memecahkan sebuah hambatan. "Emas berada dalam posisi bergairah (bull) sehingga akan berada di atas 1.430,4 dolar AS per ounce," sebut analis pasar.

Sementara perak untuk pengiriman September naik 64,1 sen, atau 2,67 persen, menjadi ditutup pada 24,651 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober turun 12,4 dollar AS, atau 0,8 persen, menjadi ditutup pada 1.532,1 dollar AS per ounce.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.