Perampingan, Dahlan Hapus 40 Jabatan di Kementerian BUMN

Kompas.com - 29/08/2013, 11:43 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan KOMPAS/PRIYOMBODOMenteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com
— Sebanyak 40 jabatan di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan dihapus. Langkah ini merupakan bagian dari reformasi birokrasi Kementerian BUMN.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, penghapusan 40 jabatan itu untuk merampingkan struktur birokrasi di instansinya agar lebih efektif dan efisien dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

"Kebijakan ini akan mulai diterapkan pada 1 September 2013. Kami sudah mengajukan surat perampingan struktur ini kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara sejak bulan lalu," kata Dahlan kepada wartawan di Gedung Surveyor Indonesia, Jakarta, Kamis (29/8/2013).

Dahlan menjelaskan, ada satu jabatan eselon I dan lima jabatan eselon II yang akan dihapus. Sedangkan jabatan eselon III dan eselon IV yang dihapus lebih banyak lagi.

"Jumlah persis eselon III dan IV yang akan dihapus saya lupa, tetapi pastinya total jabatan yang dihilangkan ada 40 jabatan," tegasnya.

Adapun jabatan eselon I yang dihapus adalah Deputi Infrastruktur. Hal ini, menurut Dahlan, disebabkan deputi ini terbukti tidak menangani semua infrastruktur.

"Tugas deputi ini selama ini lebih banyak terkait skema pembiayaan. Nanti dengan penghapusan ini, diharapkan lebih lancar," kata Dahlan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perubahan penting lain adalah posisi Deputi Restrukturisasi yang selama ini tidak membawahi BUMN. Saat ini semua BUMN berada di bawah empat deputi yang lain.

"Nanti BUMN mana pun yang masuk program restrukturisasi akan dipindah posisinya dari deputi asal menjadi di bawah Deputi Restrukturisasi," ungkap Dahlan. (Adhitya Himawan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.