Kompas.com - 30/08/2013, 08:23 WIB
Emas shutterstockEmas
EditorErlangga Djumena

CHICAGO, KOMPAS.com - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange terus menurun pada Kamis (29/8/2013) waktu setempat, (Jumat pagi WIB), tertekan data positif ekonomi Amerika Serikat.
     

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember jatuh 5,9 dollar AS, atau 0,42 persen, menjadi menetap di 1.412,9 dollar AS per ounce.

Departemen Tenaga Kerja AS pada Kamis melaporkanbahwa jumlah orang yang mengajukan tunjangan asuransi pengangguran baru AS turun 6.000 menjadi 331.000 dalam pekan yang berakhir 24 Agustus, mendekati tingkat terendah dalam enam tahun.

Sementara itu, Departemen Perdagangan AS mengatakan bahwa produk domestik bruto (PDB) AS tumbuh pada tingkat tahunan 2,5 persen pada kuartal kedua, jauh lebih cepat dari 1,1 persen pada kuartal pertama.

Penguatan data ekonomi AS telah menghidupkan kembali ekspektasi pasar bahwa Federal Reserve AS akan segera menurunkan program pembelian obligasinya, dan karena itu membawa pergi daya tarik "safe haven" emas.

Emas juga kehilangan dukungan kuat ketika prospek serangan militer segera terhadap Suriah telah berkurang.

Presiden AS Barack Obama pada Rabu mengatakan bahwa ia belum cukup mengambil keputusan tentang Suriah, sedangkan Perdana Menteri Inggris David Cameron telah sepakat untuk mengadakan pemungutan suara terpisah guna menyetujui aksi militer di Suriah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kenaikan dollar AS karena data ekonomi positif pada Kamis lebih lanjut memperlemah emas.

Sementara perak untuk pengiriman Desember turun 29,9 sen, atau 1,22 persen, menjadi ditutup pada 24,14 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober kehilangan 17,7 dollar AS, atau 1,15 persen, menjadi ditutup pada 1.522,4 dollar AS per ounce.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.