Kompas.com - 02/09/2013, 08:48 WIB
Pekerja memasang stiker di galeri anjungan tunai mandiri (ATM) milik BNI di Jakarta. KOMPAS/PRIYOMBODOPekerja memasang stiker di galeri anjungan tunai mandiri (ATM) milik BNI di Jakarta.
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com
— Bank Negara Indonesia (BNI) mendirikan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) untuk pengguna sepeda motor atau kendaraan roda dua lainnya yang dikenal dengan ATM Sepeda Motor. Pasalnya, saat ini bank-bank hanya mendirikan mesin ATM khusus untuk kendaraan roda empat.

Bank berpelat merah ini mengaku, dengan penyediaan ATM sepeda motor ini, diharapkan dapat merebut pangsa pasar pengguna jalan raya yang saat ini didominasi oleh pengguna sepeda motor.

Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo menyampaikan, ATM sepeda motor pertama BNI dibangun dan diresmikan penggunaannya di Jalan Raya Margonda, Depok, Jawa Barat.

"ATM sepeda motor ini merupakan salah satu strategi penempatan ATM untuk memberikan kemudahan layanan atau transaksi, khususnya bagi pengendara sepeda motor tanpa harus turun dari kendaraan," kata Gatot, Minggu (1/9/2013).

Nah, layanan ATM sepeda motor ini untuk meningkatkan transaksi baik inquiry, withdrawal, maupun transfer pengguna ATM Bersama (bank non-BUMN) dan Link (bank BUMN). Peningkatan transaksi itu menjadi sumber pendapatan BNI, terutama dari pendapatan komisi atau fee based income.

Pada tahap awal, BNI mendirikan satu unit ATM sepeda motor. Ke depannya, khususnya pada semester II/2013, perseroan akan mendirikan 10 unit ATM di kota-kota berbeda. "Dengan ATM sepeda motor ini, BNI telah memenuhi usulan dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) yang telah mendapat persetujuan Bank Indonesia," ujar Gatot.

Alasan bank berlogo 46 ini menempatkan ATM sepeda motor di Depok, Jawa Barat, karena berpotensi memiliki tingkat penggunaan yang tinggi. Pihaknya mencatat, Jalan Raya Margonda merupakan jalan utama yang berada di Depok. Di jalan ini tumbuh pesat pusat perbelanjaan, pertokoan, perkantoran, apartemen, dan pusat pendidikan, antara lain Universitas Indonesia. (Nina Dwiantika)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.