Kompas.com - 03/09/2013, 10:46 WIB
Ribuan orang mengikuti tes calon pegewai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota Malang di GOR Ken Arok, Kota Malang, Jawa Timur, Minggu (12/12/2010). Sebanyak 9.142 peserta mengikuti tes CPNS Kota Malang yang memperebutkan 235 lowongan. Menjadi pegawai negeri masih menjadi dambaan banyak orang.  KOMPAS/HENDRA A SETYAWANRibuan orang mengikuti tes calon pegewai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota Malang di GOR Ken Arok, Kota Malang, Jawa Timur, Minggu (12/12/2010). Sebanyak 9.142 peserta mengikuti tes CPNS Kota Malang yang memperebutkan 235 lowongan. Menjadi pegawai negeri masih menjadi dambaan banyak orang.
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membuka pendaftaran penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun anggaran 2013 untuk tingkat SMA hingga sarjana (S1). Jumlah formasi yang dibutuhkan secara keseluruhan mencapai sekitar 2.789 orang.

Ketua Panitia Pusat Rekrutmen CPNS Kemenkeu 2013 yang juga Sekretaris Jenderal Kemenkeu Kiagus Ahmad Badaruddin dalam keterangannya di laman resmi Kemenkeu, menyebutkan, pendaftaran dilaksanakan secara online melalui http://rekrutmen.kemenkeu.go.id mulai 6 September 2013 sampai 20 September 2013.

Adapun, unit eselon I yang membutuhkan pegawai baru adalah Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal (Ditjen)  Anggaran, Ditjen Pajak, Ditjen Bea dan Cukai, dan Ditjen Perbendaharaan.

Kemudian, Ditjen Kekayaan Negara, Ditjen Pengelolaan Utang, Inspektorat Jenderal, Badan Kebijakan Fiskal, dan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan.

Sementara, kualifikasi pendidikan untuk tingkat S1 yang dibutuhkan adalah akuntansi, ilmu ekonomi/studi pembangunan, hukum, manajemen, statistik, sistem informasi, teknik informasi/teknologi informasi.

Kemudian kualifikasi untuk diploma III adalah pelayaran (nautika dan teknika), sementara diploma umum meliputi akuntansi/keuangan dan perbankan/perpajakan/manajemen perpajakan, teknik informatika, manajemen informatika/teknik komputer, analis kimia, farmasi/analis farmasi.

Sedangkan untuk SMK adalah SMK Pelayaran/SPM Nautika dan SMK umum adalah teknik mesin/teknik perkapalan, teknik telekomunikasi, jelasnya.

Seleksi penerimaan akan melalui empat tahap dengan sistem gugur yang meliputi seleksi administrasi, tes kompetensi dasar (TKD), psikotes lanjutan, dan tes kesehatan dan kebugaran serta wawancara. Wawancara hanya untuk pelamar dengan Tingkat Pendidikan Sarjana (S1).

Tes akan diadakan di Banda Aceh, Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Manado, Kupang dan Jayapura.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pelamar dapat melihat pengumuman pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi pada tanggal 25 September 2013 melalui laman Kementerian Keuangan serta Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan di daerah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.