Kompas.com - 04/09/2013, 10:35 WIB
Menteri BUMN, Dahlan Iskan TRIBUNNEWS/HERUDINMenteri BUMN, Dahlan Iskan
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan kemarin mengunjungi Ina Inc, anak usaha PT Dirgantara Indonesia (PTDI) di Seattle, Amerika Serikat. Kunjungan tersebut dalam rangka melihat prospek perusahaan tersebut di masa mendatang.

Ina Inc merupakan kepanjangan dari IPTN North America. Perusahaan ini 100 persen sahamnya dimiliki oleh PTDI. Perusahaan ini berkantor di bangunan dua lantai miliknya sendiri yang sepadan dengan kantor-kantor lain di sekitarnya.

"Saya di sana bertemu dengan Direktur Utama Ina Inc Gautama Indra Djaja, mendiskusikan apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan usaha di Amerika Serikat," kata Dahlan dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (4/9/2013).

Berdasarkan diskusi dengan jajaran direksi, Ina Inc sudah mampu mandiri dan tidak mendapat subsidi dari induknya (PTDI) di Bandung, Jawa Barat. Usaha yang dilakukan Ina Inc adalah menjadi pemasok suku cadang (spare part) pesawat terbang, tidak hanya untuk PTDI tapi juga untuk negara lain.

Dari sisi omzet, Ina Inc ini sudah memperoleh hasil yang signifikan. Bahkan omzet dari PTDI ini hanya sekitar 10 persen dari omzet Ina Inc sendiri. "Saya juga mendiskusikan usaha berikutnya yang akan dilakukan Ina Inc di masa yang akan datang. Ada tujuh program yang diputuskan dalam rapat kemarin, termasuk apa yang bisa dilakukan untuk melakukan kerjasama dengan industri pesawat terbang di AS," tambahnya.

Selain menemui Ina Inc, Dahlan yang selama sepekan berada di AS juga mengunjungi para diaspora (orang Indonesia yang bekerja atau menetap di AS).Dalam pertemuan itu juga dihadiri oleh tenaga-tenaga ahli yang bekerja di Seattle baik di pabrik pesawat terbang Boeing dan di Microsoft.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.