Pengusaha Sudah Dianjurkan Kontrak Kembali Buruh yang Dipecat

Kompas.com - 04/09/2013, 13:38 WIB
Ilsutrasi SHUTTERSTOCKIlsutrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen PT Doosan Cipta Buana Jaya sudah dianjurkan oleh Sudinakertrans Jakarta Utara, untuk mempekerjakan kembali buruh yang diputus kontrak secara sepihak, pada Maret 2013.

"Di Sudinaker anjurannya kita sudah dimenangkan untuk dipekerjakan kembali," kata Wakil PSP SPN PT.Doosan CBJ, Yandi Suwandi, kepada Kompas.com, di PN Jakarta Utara, Rabu (4/9/2013).

Sebanyak delapan pekerja perusahaan garmen asal Korea tersebut diputus kontrak secara sepihak, setelah sebelumnya sempat diskorsing. Mereka merupakan pengurus dari PSP SPN PT.Doosan CBJ, termasuk ketuanya Umar Faruq.

Sekitar sepekan kemudian menyusul lagi sebanyak 18 orang pekerja dirumahkan. Namun, alih-alih mengikuti anjuran dari Sudinakertrans Jakarta Utara, pengusaha justru menggugat Umar Faruq, serta Ketua DPC SPN Jakarta Utara, Halili.

Dalam kasus ini, dalam posisinya sebagai ketua, Halili mengeluarkan surat mogok, untuk aksi tanggal 7-8 Maret 2013. Pengusaha mengklaim menanggung kerugian Rp 2.004.000.000 akibat aksi tersebut.

"Kasus ini sebenarnya sudah selesai di tingkat bipartit. Yang di perjanjian kerja bersama (PB) sudah akomodatif. Tapi tidak dijalankan dan malah mencari-cari celah. Jadi kita lihat ada niat tidak baik dari perusahaan," ujar Ketua DPD SPN DKI Jakarta, Ramidi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.