Kompas.com - 04/09/2013, 19:27 WIB
Pelayanan nasabah BTN KONTAN/ BaihakiPelayanan nasabah BTN
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Naiknya suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) menjadi 7 persen berimbas kepada bunga kredit kepemilikan rumah (KPR).

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) bank penyalur terbesar KPR pun berencana untuk menaikkan bunga KPR. Hingga 31 Juli 2013, BTN mengenakan bunga KPR sebesar 11 persen.

"KPR kami itu rata-rata portofolio per nasabah Rp 200 juta. Kalau naiknya 1 persen itu nambahnya cuma Rp 100.000 angsurannya. Jadi tidak terpengaruh terhadap beban-beban masing-masing nasabah," kata Maryono di kantornya, Rabu (4/9/2013).

Namun, Maryono mengaku bahwa kenaikan bunga KPR BTN itu belum direalisasikan. Menurutnya, angka tersebut baru perkiraan saja.

"Itu belum kita lakukan. Itu kan perkiraan. Srkarang dilakukan kajian dulu berapa cost of fund dari keseluruhan dengan adanya kenaikan BI rate," ujarnya.

Ia pun belum bisa memastikan apakah nasabah lama akan dikenakan kenaikan bunga KPR atau tidak. Namun, lanjutnya, nasabah baru pasti akan dikenakan kenaikan bunga KPR.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.