Kompas.com - 09/09/2013, 15:09 WIB
Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan TRIBUNNEWS/DANY PERMANAMenteri Negara BUMN, Dahlan Iskan
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meminta target dividen dari perusahaan pelat merah dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2014 diturunkan menjadi Rp 32,4 triliun.

Hal itu menyusul merosotnya harga internasional sejumlah komoditas serta pelemahan nilai rupiah atas dollar AS.

"Melihat perkembangan perekonomian saat ini, menurun. Kemungkinan, target dividen Rp 37 triliun tidak akan tercapai," ungkap Dahlan dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR di gedung parlemen di Jakarta, Senin (9/9/2013).

Sebelumnya, dalam Rencana APBN 2014, pemerintah menargetkan setoran dividen BUMN sebesar Rp 37 triliun. Angka sebesar itu naik Rp 500 miliar dibanding setoran dividen BUMN dalam APBN Perubahan 2013 yang sebesar Rp 36,5 triliun.

Pada kesempatan tersebut, Dahlan juga mengusulkan tambahan penyertaan modal negara (PMN) dalam RAPBN 2014 sebesar Rp 7,1 triliun. Angka sebesar itu akan dibagi-bagikan untuk sejumlah BUMN, seperti PT Hutama Karya, PT Bahana PUI, dan PT Krakatau Steel.

"Kiranya juga dapat memberikan persetujuan untuk realokasi anggaran," ujar Dahlan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.