Kompas.com - 09/09/2013, 17:59 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Return reksa dana syariah dapat lebih tinggi bila dibandingkan dengan return reksa dana konvensional. Diperkirakan return reksa dana syariah dapat melampaui pertumbuhan IHSG yang kira-kira akan mencapai 11 persen hingga akhir tahun 2013.

"Dalam kondisi saat ini, yakni IHSG sedang jatuh, minus (reksa dana syariah) lebih sedikit dibandingkan yang konvensional," kata Fund Manager PT CIMB Principal Asset Management Cholis Baidowi di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Senin (9/9/2013).

Sebagai informasi, secara historis indeks berbasisis syariah jauh lebih kecil bila dibandingkan indeks Jakarta Composite Index (JCI) dan LQ45, yakni minus 4 persen dibandingkan JCI minus 8 persen dan LQ45 minus 5 persen pada saat terjadi pelemahan pasar.

Cholis mengungkapkan, reksa dana syariah lebih positif dibandingkan reksa dana konvensional karena reksa dana syariah tidak ada saham perbankan. Saat terjadi koreksi di pasar, maka kondisi saham-saham non perbankan jauh lebih baik.

Mengenai perkiraan tahun depan, Cholis mengatakan diperkirakan return reksa dana syariah dapat menembus 12 persen dengan perkiraan indeks pada level 4.600 hingga akhir tahun.

"Reksa dana syariah boleh dilirik karena memiliki return lebih tinggi dalam jangka panjang dibanding reksa dana konvensional," kata Cholis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.