Kompas.com - 09/09/2013, 19:50 WIB
Papan yang menunjukkan pergerakan indeks perdagangan saham di Jakarta, beberapa waktu lalu.

KOMPAS/HERU SRI KUMOROPapan yang menunjukkan pergerakan indeks perdagangan saham di Jakarta, beberapa waktu lalu.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bakal di level 4.600 padaakhir tahun ini, dengan asumsi bahwa pertumbuhan laba per saham (earning per share/EPS) sebesar 8 persen dan rasio harga saham terhadap laba per saham (price to earning ratio/PE) tidak mengalami penurunan.

Direktur Investasi PT CIMB Principal Asset Management Fajar Rachman Hidajat menyatakan, jika PE diasumsikan mengalami penurunan ke level rata-rata seperti pada 2006, maka target indeks adalah pada level 4.300.

"Target indeks 4.600 dengan asumsi pertumbuhan EPS 8 persen dan PE tidak de-rating," katanya dalam acara Investor Gathering "Strategi Investasi dan Peluang Di Tengah Gejolak Pasar" di Jakarta, Senin (9/9/2013).

Dalam paparannya mengenai pasar domestik, Fajar mengungkapkan sejak 22 Mei 2012 hingga bulan lalu, IHSG telah terkoreksi 21,3 persen akibat aksi jual investor asing sebesar Rp 32 triliun.

Hal ini menyebabkan valuasi IHSG mencapai titik terendah selama 3 tahun terakhir, yakni di valuasi nilai buku (price tobok value/PBV) 2,5x. Di samping itu, pelemahan itu juga disebabkan oleh kaburnya dana asing akibat melemahnya data ekonomi domestik.

"Tapi, dibandingkan periode crash di tahun-tahun sebelumnya, kondisi Indonesia jauh lebih baik dari tahun 1997/98 maupun crash yang lain (2005-2011). Terutama dengan aliran investasi masuk ke sektor riil yang masih tinggi," kata Fajar.

Untuk tahun 2014 mendatang, target indeks adalah 5.400 dengan asumsi PE 14,7 kali dan pertumbuhan EPS 17 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.