Menperin Klaim Eksportir Siap Tarik Dollar ke Dalam Negeri

Kompas.com - 11/09/2013, 19:30 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, para eksportir sepakat untuk menaruh Devisa Hasil Ekspor (DHE) di perbankan domestik sehingga mampu menambah cadangan devisa RI.

"Mereka (eksportir) menyatakan bersedia. Tapi mereka minta agar pemerintah harus konsisten dengan aturan yang dibuatnya, di lapangan tidak boleh ada kejanggalan aturan yang dibuat," kata Hidayat selepas rapat terbatas dengan eksportir di kantornya, Jakarta, Selasa (11/9/2013).

Ia menambahkan, dalam forum yang mempertemukan 140 eksportir ini mereka memang menyepakati beberapa hal, khususnya soal penempatan dana Devisa Hasil Ekspor (DHE).

Hidayat menginginkan agar eksportir ini setidaknya memiliki rasa patriotisme untuk bisa meningkatkan cadangan devisa domestik. "Jadi sepanjang PP, PMK, perpres, kepres, kalau memang mendesak untuk diubah kami sanggup melakukannya," tambahnya.

Terkait kebijakan lain, eksportir ini juga diingatkan soal kecenderungan suku bunga acuan yang meningkat sehingga hal ini akan berdampak ke bisnis yang dijalankan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.