Kompas.com - 12/09/2013, 09:42 WIB
Ilustrasi: Salah satu unit pengolahan kepala sawit yang menghasilkan biodiesel di pabrik PT Pelita Agung Agriindustri, salah satu pabrik milik PT Permata Hijau Group di Duri, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Senin (27/5/2013) selama ini menjadi tumpuan bagi ratusan petani kepala sawit daerah sekitarnya.

KOMPAS/WINARTO HERUSANSONOIlustrasi: Salah satu unit pengolahan kepala sawit yang menghasilkan biodiesel di pabrik PT Pelita Agung Agriindustri, salah satu pabrik milik PT Permata Hijau Group di Duri, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Senin (27/5/2013) selama ini menjadi tumpuan bagi ratusan petani kepala sawit daerah sekitarnya.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian (Menko) Hatta Rajasa mengatakan, subsidi atau public service obligation (PSO) untuk biodiesel segera turun September 2013.

"Kita yakinkan bahwa 2013, 100 persen untuk PSO bisa dipenuhi 10 persennya," ujar Hatta ditemui di kompleks Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (12/9/2013).

Subsidi tersebut akan diberikan kepada PT Pertamina untuk pengadaan biodiesel. Hatta yakin rencana penggunaan biodiesel akan segera terealisasi akhir 2013. Pasalnya, dari segi pasokan pun bahan bakar nabati tersebut mencukupi.

"Pertemuan tadi malam di kantor Menperin, dan pertemuan sebelumnya dan hari ini tidak ada masalah terhadap ketersediaan, sehingga dalam waktu dekat bisa dilelang," ujarnya.

Penggunaan biodisel menjadi agenda yang disoroti dalam rapat koordinasi pagi ini. Seperti yang dikatakan Menteri Perindustrian, MS Hidayat, Rabu malam (11/9/2013), pemanfaatan biodiesel dapat menekan pengeluaran untuk energi sebesar miliar dollar AS per tahun.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.