Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Ekonomi Turun, UMKM Selalu Bertahan

Kompas.com - 13/09/2013, 14:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, saat kondisi ekonomi turun dan Usaha Mikor Kecil dan Menengah (UMKM) selalu bisa bertahan.

"Kalau seperti sekarang kondisi ekonomi global sedang turun, kalau nanti Indonesia juga mungkin ada pertumbuhan ekonomi yang sedikit turun terbukti bahwa UMKM selalu bisa bertahan," kata Agus di kantornya, Jumat (13/9/2013).

Agus menyatakan, dari seluruh jumlah usaha di Indonesia, 99 persen bergerak di sektor UMKM. Di DKI Jakarta, lanjutnya ada banyak UMKM yang perlu dikembangkan. "Di DKI ada banyak UMKM-UMKM yang perlu ditumbuh kembangkan. Itu kita kerjasamakan tadi," katanya.

Hari ini BI dan Pemprov DKI Jakarta memperkuat kerjasama dengan menandatangani perjanjian kerjasama untuk pembinaan UMKM. "BI mempunyai model-model bisnis dengan pengelolaan yang baik yang bisa direplikasi. Insya Allah ini akan disosialisasikan di Jakarta supaya ekonomi di Jakarta semakin kuat dan baik," kata Agus.

Program kerjasama pembinaan UMKM oleh BI dan Pemprov DKI Jakarta tersebut dilakukan melalui pelatihan kepada pelaku UMKM dan pengurus lembaga penyedia dana UMKM, diseminasi hasil penelitian, edukasi, dan sosialisasi kepada UMKM mengenai pengelolaan keuangan, serta pertukaran informasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com