Kompas.com - 13/09/2013, 14:29 WIB
Agus Martowardojo (tengah) FRANSISKUS SIMBOLONAgus Martowardojo (tengah)
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, saat kondisi ekonomi turun dan Usaha Mikor Kecil dan Menengah (UMKM) selalu bisa bertahan.

"Kalau seperti sekarang kondisi ekonomi global sedang turun, kalau nanti Indonesia juga mungkin ada pertumbuhan ekonomi yang sedikit turun terbukti bahwa UMKM selalu bisa bertahan," kata Agus di kantornya, Jumat (13/9/2013).

Agus menyatakan, dari seluruh jumlah usaha di Indonesia, 99 persen bergerak di sektor UMKM. Di DKI Jakarta, lanjutnya ada banyak UMKM yang perlu dikembangkan. "Di DKI ada banyak UMKM-UMKM yang perlu ditumbuh kembangkan. Itu kita kerjasamakan tadi," katanya.

Hari ini BI dan Pemprov DKI Jakarta memperkuat kerjasama dengan menandatangani perjanjian kerjasama untuk pembinaan UMKM. "BI mempunyai model-model bisnis dengan pengelolaan yang baik yang bisa direplikasi. Insya Allah ini akan disosialisasikan di Jakarta supaya ekonomi di Jakarta semakin kuat dan baik," kata Agus.

Program kerjasama pembinaan UMKM oleh BI dan Pemprov DKI Jakarta tersebut dilakukan melalui pelatihan kepada pelaku UMKM dan pengurus lembaga penyedia dana UMKM, diseminasi hasil penelitian, edukasi, dan sosialisasi kepada UMKM mengenai pengelolaan keuangan, serta pertukaran informasi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.