Kesalahan Teknis, United Airlines Jual Tiket 0 dollar AS

Kompas.com - 14/09/2013, 16:08 WIB
Sebuah pesawat terbang milik maskapai United Airlines. ShutterstockSebuah pesawat terbang milik maskapai United Airlines.
EditorErlangga Djumena


NEW YORK, KOMPAS.com -
Maskapai penerbangan AS United Airlines menjual tiket senilai 0 dollar AS akibat kesalahan sistem komputer mereka.

Salah satu maskapai penerbangan terbesar di AS ini mengatakan, belum mengetahui pasti seberapa banyak tiket gratis tersebut telah dikeluarkan.

Tiket murah ini dijual pada Kamis lalu melalui sistem pemesanan internet. Para penumpang hanya diharuskan membayar biaya keamanan AS sekitar 5 dollar AS hingga 10 dollar AS atau sekitar Rp 100.000 saja.

Meski terjual murah karena kesalahan, tetapi United Airlines berjanji akan tetap menghormati tiket yang sudah terpesan tersebut.

"Kami telah mengkaji kesalahan yang berlangsung kemarin dan karena kejadian ini, kami akan tetap menghormati para pembeli tiket ini," tulis maskapai ini di halaman twitter resmi mereka.

Banyak orang yang telah membeli tiket gratis ini dengan tujuan paling jauh di antaranya adalah Hawaii.

Bob Stokas dari Oak Lawn, kawasan pinggir kota Chicago, kepada media lokal NBC mengatakan, dirinya tengah mencari tiket ke Los Angeles, dan memperkirakan akan membayar setidaknya 800 dollar AS atau sekitar Rp 9 juta untuk tiket tersebut.

"Saat saya menggulir ke bawah ke penerbangan lanjutan, penerbangan ke dan dari Los Angeles per orang hanya 10 dollar AS," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Itu sangat mengejutkan dan mengagetkan, dan saya harus memesan tiket ini sekarang sebelum mereka membatalkan penawaran 10 dollar AS untuk penerbangan ini,” ceritanya.

Saat ini situs United Airlines ditutup untuk sementara waktu dan layanan telepon juga dihentikan setelah menemukan adanya kesalahan. Mereka juga tengah menyelidiki penyebab insiden tiket "gratis" ini. (Dyah Megasari)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.