Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggaran Negara untuk Gaji PNS Naik 3 Kali Lipat

Kompas.com - 16/09/2013, 06:56 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran Indonesia (Fitra) menilai, postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2014 tidak akan mampu meredam persoalan ekonomi terkini. Pasalnya, anggaran negara untuk belanja modal sangat minim.

Koordinator Advokasi Seknas Fitra, Maulana, mengatakan, postur APBN 2014 masih mengutamakan kepentingan birokrasi. Dalam catatannya, belanja modal yang memiliki kontribusi pada pertumbuhan ekonomi hanya meningkat Rp 13 triliun atau 7 persen menjadi Rp 205,8 triliun. Adapun belanja pegawai pada 2014 mencapai Rp 276,6 triliun atau meningkat hingga Rp 43,5 triliun.

Kenaikan belanja pegawai ini seiring dengan perekrutan calon pegawai negeri sipil (PNS) yang sudah mulai dilakukan tahun ini hingga 60.000 orang.

"Berarti anggaran belanja pegawai naik tiga kali lipat dibanding peningkatan belanja modal. Ini tidak seimbang. Dengan kondisi Indonesia yang sedang krisis ini kok malah belanja pegawai yang ditingkatkan," kata Maulana saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Minggu (15/9/2013).

Padahal, belanja pegawai ini menurut Maulana justru tidak terlalu berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Kenaikan belanja pegawai ini justru akan mendorong peningkatan inflasi karena ada kenaikan konsumsi masyarakat, dibanding produksi.

Di sisi lain, saat ini inflasi sedang dalam kondisi tinggi, baik karena gejolak makanan maupun ada kenaikan harga barang komoditas lain yang bisa memicu kenaikan inflasi. "Kenaikan belanja pegawai dibanding belanja modal ini akan menjadi beban baru bagi APBN di 2014. Padahal, APBN 2014 ini bisa menjadi cerminan salah satu instrumen ekonomi yang bisa digunakan," tambahnya.

Maulana menilai kondisi ini bisa menyebabkan APBN 2014 justru gagal untuk menyelamatkan perekonomian Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com