Pemerintah Gotong Royong Danai Museum Transportasi TMII

Kompas.com - 16/09/2013, 12:53 WIB
Menteri Perhubungan EE Mangindaan KOMPAS/HERU SRI KUMOROMenteri Perhubungan EE Mangindaan
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) dan swasta membantu biaya perawatan untuk museum transportasi di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Bantuan ini akan memberdayakan dan mengembangkan sejarah transportasi di Indonesia. Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan, pemerintah menggandeng PT Garuda Indonesia Persero, PT Kereta Api Indonesia Persero, dan Blue Birds Group.

"Kami memahami bahwa masyarakat harus menghormati para perintis, pahlawan, atau penggagas di sektor transportasi sehingga kami membantu biaya perawatan agar museum terus dapat berkembang dan bisa menjadi pelopor untuk perkembangan TMII," kata Mangindaan saat memberikan sambutan di acara kerja sama bantuan perawatan museum transportasi di TMII Jakarta, Senin (16/9/2013).

Ia menambahkan, selama ini biaya perawatan museum transportasi tersebut masih minim. Padahal koleksi di museum itu cukup lengkap, mulai dari kereta api, helikopter, pesawat udara, dan sejarah transportasi di tanah air.

Untuk menjaga koleksi tersebut, pihak museum tentu saja memerlukan dana yang lumayan besar. Apalagi di dalam kompleks museum tersebut ada replika kereta api pertama kali yang digunakan oleh Presiden Soekarno.

"Koleksi ini harus dirawat sehingga anak cucu kita bisa belajar dari museum-museum ini. Bisa melihat sejarah masa lampaunya dulu," katanya.

Sayangnya, Mangindaan enggan membeberkan bantuan untuk biaya perawatan museum ini. Namun yang pasti, pemerintah akan mendorong peremajaan dan perawatan transportasi di tanah air.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.