Bidik Pasar Kalimantan, Semen Indonesia Operasikan Pabrik Pengemasan

Kompas.com - 17/09/2013, 13:43 WIB
Pabrik pengemasan semen milik PT Semen Indonesia Tbk di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Semen IndonesiaPabrik pengemasan semen milik PT Semen Indonesia Tbk di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) segera mengoperasikan pabrik pengemasan semen di Banjarmasin pada kuartal IV 2013. Fasilitas tersebut memiliki kapasitas 600.000 ton semen pertahun.

Dalam penjelasan resmi yang dirilis hari ini, Selasa (17/9/2013), pabrik baru itu dilengkapi dengan dua line pengepakan semen berkapasitas 2.200 kantong semen/jam dan satu line curah dengan kapasitas 120 ton/jam serta dilengkapi dermaga yang bisa disandari kapal dengan kapasitas sebesar dengan bobot mati 5.000 ton.

Nilai investasi yang dikucurkan perseroan untuk proyek ini mencapai Rp 120 miliar. Direktur Utama Semen Indonesia, Dwi Soetjipto mengatakan fasilitas pabrik ini akan melayani pemasaran di wilayah Kalimantan Selatan.

Packing plant Banjarmasin ini akan melayani daerah pemasaran Kalimantan Selatan dan sekitarnya, dengan adanya unit packing plant di Banjarmasin ini semakin memperkuat eksistensi dan ekspansi bisnis perseroan di Kalimantan. Ini adalah bagian dari strategi perseroan agar bisa semakin dekat dengan konsumen, moving closer to the customer,” jelasnya.

Dwi Soetjipto menambahkan bahwa perseroan terus memperbanyak pabrik pengemasan semen dalam rangka menekan biaya logistik agar harga semen perusahaan semakin terjangkau. Ini tak lain adalah upaya untuk mengokohkan posisi pasar di industri semen nasional yang semakin kompetitif.

Berdasarkan data Asosiasi Semen Indonesia (ASI), pasar semen di Kalimantan berkembang menggembirakan. Januari – Agustus 2013, penjualan semen di Kalimantan mencapai 2,76 juta ton, meningkat sebesar 6,9 persen dibanding periode yang sama tahun 2012 sebesar 2,58 juta ton.

Pertumbuhan penjualan semen di Kalimantan Januari – Agustus 2013 tercatat lebih tinggi di bandingkan dengan pertumbuhan semen di beberapa daerah, Sumatera tercatat tumbuh 1,8 persen, Sulawesi 4,7 persen, Maluku & Irian Jaya tumbuh 0,1 persen.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.