Kompas.com - 18/09/2013, 20:55 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa KOMPAS.COM/Sandro GatraMenteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa
Penulis Sandro Gatra
|
EditorBambang Priyo Jatmiko


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa berharap agar orientasi dari program low cost green car (LCGC) atau mobil murah ramah lingkungan adalah ekspor, untuk menghadapi pasar tunggal ASEAN 2015.

"Kita menerapkan itu (LCGC) di Tanah Air sebagai basis produksi. Maka orientasinya harus ke ekspor. Jangan justru memenuhi untuk dalam negeri," kata Hatta di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (18/9/2013).

Hatta mengatakan, dengan orientasi ekspor, mobil nasional LCGC bisa mendorong tumbuhnya industri penunjang. Usaha kecil dan menengah bisa tumbuh.

Selain itu, kata dia, LCGC juga diharapkan mengurangi konsumsi bahan bakar minyak sehingga beban APBN untuk subsidi BBM berkurang. Jika harapan itu nantinya tidak tercapai, maka tentu akan ada evaluasi.

Seperti diberitakan, kontroversi mengenai mobil murah berawal dari adanya Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013 tentang Insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) bagi Produksi Mobil Ramah Lingkungan. Dengan peraturan itu, mobil dengan kapasitas di bawah 1.200 cc dan konsumsi bahan bakar minyak paling sedikit 20 km per liter dapat dipasarkan tanpa PPnBM.

Kebijakan itu dikritik berbagai pihak, termasuk Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Alasannya, LCGC tentu bakal membuat kemacetan di Ibu Kota semakin parah. Saat ini, kemacetan sudah menjadi pemandangan biasa di Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.