Kompas.com - 19/09/2013, 14:21 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekjen Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Ipoeng Purnomo, menegaskan masyarakat pengguna jalan tol tidak peduli dengan harga mahal, asal ada komitmen dari pengelola jalan tol untuk memenuhi standar pelayanan.

Selain itu, masyarakat pengguna juga akan mengikuti kenaikan tarif tol selama ada kejelasan mengenai kenaikan tarif, kejelasan informasi tentang kemacetan, dan sebagainya. "Sekesal apa pun, masyarakat pasti bayar. Masyarakat itu pasti bayar, asal janji lain terpenuhi. Enggak ada satu pun orang yang masuk jalan tol enggak bayar," kata Ipoeng, di Jakarta, Kamis (19/9/2013).

Selama ini, pengelola jalan tol mengeluarkan banyak dana, tetapi tidak memiliki hak atas aset. "Yang diperoleh adalah janji. Nah pinternya dia bagaimana rugi tapi diatur lewat kenaikan tarif," kata Ipoeng.

Namun demikian, dia mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh operator jalan tol PT Jasa Marga Tbk. BUMN tersebut memberikan kompensasi berupa kecepatan pelayanan transaksi.

Dalam kesempatan itu, dia mengusulkan agar otoritas pengatur jalan tol direvitalisasi dengan cara membesarkan organisasi sehingga bisa melakukan kontrol atas seluruh operator secara lebih efektif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.