Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Ancam Pengedar Gula Rafinasi

Kompas.com - 19/09/2013, 17:24 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan, akan menidak tegas pengedar gula Rafinasi ke pasaran, yang berakibat anjloknya harga gula lokal.

"Soal gula rafinasi, kita akan tindak tegas yang nakal. Kita sudah mulai menyelidiki di beberapa daerah," katanya, ditemui usai mengisi acara orasi ilmiah, untuk mahasiswa baru di Universitas Islam Malang (Unisma), Kamis (19/9/2013).

Saat ditanya mengenai daerah yang rawan peredaran gula rafinasi, Gita enggan menjawabnya. "Kita belum menentukan daerah mana yang rawan. Tapi tim sudah menyelidikinya," katanya.

Gita mengklaim bahwa pemerintah pro petani. "Kita tetap pro petani. Yang nakal akan ditindak tegas. Tidak akan tebang pilih," tegasnya.

AKibat beredarnya gula rafinasi di pasar, ribuan petani tebu di Malang banyak mengeluh. Hal ini lantaran tebu dihargai murah oleh pabrik gula, dan rendemen rendah akibat cuaca dimusim kemarau.

Untuk itu, pihak Asosiasi Petanu Tebu Rakyat (APTR) Kabupaten Malang mendesak menteri perdagangan untuk segera mengaudit perdaran gula rafinasi di pasaran.

"Karena sudah tidak sesuai dengan SK 527 tentang peredaran gula rafinasi. Akibatnya petani tebu yang dirugikan. Itu tuntutan kita ke Mendag," tegas Ketua APRT Dwi Irianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com